Wednesday, October 28, 2015

Mengenal 4G LTE

LTE adalah singkat dari Long Term Evolution. Dari namanya saja ini adalah sebuah teknologi jangka panjang, entah itu dari migasi, distibusi, ataupun pengembangannya. 4G LTE adalah teknologi di bidang radio telepon genggam yang mengedepankan kecepatan akses kirim dan terima lebih baik dari teknologi sebelumnya, HSPA+.

LTE memiliki dua segmen yang saya ketahui, yaitu FDD dan TDD. Keduanya jelas berbeda karena menurut pengalaman saya, perangkat FDD tidak bisa menerima sinyal dari TDD. Begitupula sebaliknya. Saya memiliki sebuah smartphone Lenovo A6000 yang mampu menangkap sinyal FDD dan TDD, dan juga sebuah smartphone Xiaomi Redmi 2 Indonesia yang hanya memiliki penangkap sinyal FDD. Itu artinya Redmi 2 saya tidak bisa menangkap sinyal 4G LTE TDD, seperti Bolt Super 4G dan Smartfren LTE.

Tes kecepatan salah satu provider internet LTE, Bolt Super 4G.
Lalu untuk menikmati jaringan ini, pengguna memiliki beberapa syarat, yaitu memiliki perangkat yang mendukung jaringan 4G (FDD dan TDD tergantung dari penyedia layanan), dan sebuah kartu USIM, serta masuk ke area yang terjangkau oleh sinyal pemancar LTE. Membahas tentang kartu USIM, dalam dunia LTE, pengguna GSM dan CDMA sama-sama bisa menikmati kartu yang sama dalam sebuah perangkat yang mendukung frekuensi yang ditujukan operator. Misalnya saya memiliki Lenovo A6000 yang mendukung radio TDD yang sama juga dengan LTE Smartfren, maka saya dapat menikmati layanan 4G LTE dari Smartfren selama kartu perdana yang digunakan adalah kartu USIM, bukan SIM biasa.

0 comments:

Post a Comment